Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan

Sebelum kita membuat sebuah jaringan komputer, kita harus mengetahui dulu seberapa besar jaringan komputer yang akan kita buat. Ada 5 macam jaringan komputer berdasarkan jangkauannya.

1. LAN (Locak Area Network)
Merupakan jaringan yang terbatas di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran pendek. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama fasilitas atau kemampuan (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Pada dasarnya MAN sama seperti LAN akan tetapi ukurannya lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Biasanya MAN terdapat pada kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. WAN (Wide Area Network)
Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas dua ataupun lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi seperti misalnya sistem telepon ataupun pemancar gelombang-mikro. Bentuk ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar ataupun departemen pemerintahan. merupakan jaringan yang jangkauannya daerah yang luas, yaitu negara hingga benua.

4. INTERNET
Internet adalah kumpulan jaringan yang terinterkoneksi, yang menggunakan perangkat keras atau lunak yang berbeda-beda. Dengan menggunkan mesin gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan baik keras maupun lunak. Sehingga siapapun dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

5. WIRELES
Sebuah jaringan tanpa kabel dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat. Otomatis hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna jaringan jika ingin melakukan komunikasi atau hanya sekedar browsing saja.

0 komentar:

Post a Comment